DAMPAK IPTEK BAGI SOSIAL DAN BUDAYA

 Pengaruh IPTEK di Bidang Sosial Budaya

1. Cara Berkomunikasi



Dulu, komunikasi cukup susah untuk dilakukan karena terkendala jarak, daerah geografis, dan kondisi lainnya yang tidak memungkinkan.

Namun, seiring dengan kemajuan dan pesatnya perkembangan teknologi membuat masyarakat mengubah cara berkomunikasi dengan orang. Dengan adanya smartphone dan jaringan internet, semakin memudahkan komunikasi dan interaksi.

2. Gaya Hidup



Melansir dari buku Strategi dan Perubahan Sosial, Irwan dan Indraddin, 2016, sebelum adanya arus informasi yang pesat hanya dengan melalui smartphone, masyarakat perlu perjalanan jauh saat hendak konsultasi ke dokter. Termasuk dalam hal menjaga pola hidup sehat.

Namun, dengan bantuan teknologi digital saat ini informasi untuk menjaga kesehatan itu mudah diakses. Sehingga membuat sebagian masyarakat melakukan perubahan konsumsi yang mana dulunya sering berlebihan mengkonsumsi daging, jarang berolahraga, dan lainnya.

3. Emansipasi Wanita



Ternyata kemajuan IPTEK juga berpengaruh terhadap terwujudnya emansipasi wanita. Belakangan ini, pekerjaan maupun profesi makin banyak perempuan mendapatkan tempat yang penting, dalam bidang pekerjaan.

4. Terbukanya Demokrasi di Masyarakat



Dengan akses informasi yang mudah didapat memberikan ruang kepada masyarakat untuk mendapatkan segala berita penting menyangkut pemerintahan, politik, dan lainnya.

Sehingga ini juga dengan mudah meningkatkan demokrasi di masyarakat dalam keseharian, dimana masyarakat juga dapat bersuara terkait isu yang penting. Melalui bantuan media sosial, masyarakat dengan mudah bersuara, menyampaikan kritik, dan ikut terlibat dalam mewujudkan demokrasi itu sendiri.

5. Toleransi Masyarakat yang Majemuk



Indonesia yang terkenal dengan kemajemukannya mulai dari etnis, suku, budaya, adat, agama, akan saling mengenal satu sama lain.

Akibat adanya bantuan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kehidupan sehari harinya. Dengan demikian, atas perbedaan-perbedaan itulah mereka diantara individu, kelompok masyarakat dapat hidup berdampingan, saling menghargai dan menghormati.

6. Mempelajari Etos Kerja Negara Maju



Saat melihat tayangan video atau membaca pertukaran informasi tentang negara luar yang sudah maju dengan pesat, secara tidak langsung hal tersebut bisa menggugah semangat untuk dapat mencari tahu serta mempelajari budaya luar yang dengan etos kerja baik, punya motivasi bagus, dalam keseharian. Sehingga membuat negara itu menjadi maju dan terus melakukan inovasi terbaharukan untuk peradaban manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL KELOMPOK

PENGERTIAN GLOBALISASI

DAMPAK IPTEK BAGI PELAJAR