DAMPAK IPTEK BAGI PELAJAR


Dampak positif bagi pelajar dibidang pendidikan 

1. memperbanyak referensi dalam mencari ilmu pengetahuan.

2. bisa berkomunikasi dengan banyak orang dengan  melalui berbagai teknologi-teknologi canggih, seperti HP.

3. Memudahkan dalam mendapat informasi tentang pelajaran di sekolah karena adanya bantuan teknologi digital, internet dan alat -alat teknologi yang memberikan akses cepat dan berbagai hal lainnya.

4. Meningkatkan kerjasama Dikarenakan Iptek memungkinkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dan membuat pekerjaan kelompok lebih mudah. Ini dengan bantuan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk tujuan tersebut.

5. mengembangkan kreativitas siswa yang Dimana inovasi dan kreativitas baru itulah yang akan membawa peradaban serta membangun dunia dimasyarakat lebih baik, dapat bersaing, dan memunculkan banyak prestasi.

6. Dengan kemajuan Teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat abstrak, dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa.


Dampak negatif bagi pelajar Di bidang pendidikan 

1. Siswa terus bergantung pada pada teknologi untuk mengakses informasi,hal inilah dapat menyebabkan pelajar kehilangan kemampuan untuk belajar secara mandiri 

2. Siswa cenderung malas membaca buku dikarenakan pelajaran sudah ketergantungan pada teknologi digital.

3. Meningkatnya kenakalan remaja pada pelajar disebabkan penyalahgunaan IPTEK melalui internet dan membuat kontrol diri pelajar menjadi lemah, seperti contoh tingginya angka hamil diluar nikah pada pelajar.

4. Pelajar bisa mengakses web-web terlarang dikarenakan banyak pelajar penyalah gunaan teknologi.

5. Pelajar susah dalam membagi waktu dikarenakan sudah terlalu nyaman pada teknologi-teknologi sekarang.

6. Bisa menyebabkan konsentrasi siswa menurun karena pelajar terdistraksi dengan ponsel ketimbang kewajiban sebagai pelajar.




ekyd.blogspot.com

www.sosiologi.info

www.kompasiana.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL KELOMPOK

PENGERTIAN GLOBALISASI