TOKOH PENEMU TELEVISI


•Tokoh Penemu Televisi

     Televisi diciptakan pertama kali oleh John Logie Baird, seorang pria kelahiran Skotlandia, 13 Agustus 1888. Baird menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat atau televisi.

     Baird dikenal sebagai sosok yang cerdas dan gemar mengotak-atik barang elektronik. Awalnya, dia merupakan seorang insinyur dan berprofesi sebagai pengusaha di London.

     Namun, dia mengalami kebangkrutan di usia 35 tahun. Setelah itu, Baird pindah ke Hastings, Sussex. Pada 1894, Baird menemukan gelombang elektromagnetik yang bergerak di udara dengan kecepatan suara dan tidak tampak mata.

  -Perkembangan Televisi dari Masa ke Masa

   Keingintahuan Baird semakin kuat karena telah ditemukannya radio oleh Guglielmo Marconi pada 1896.

    Hal itu pun mendorong dirinya untuk menciptakan sebuah alat yang bisa digunakan mengirim gambar sekaligus suara melalui gelombang elektromagnetik.

    Pada 1923, Baird mulai melakukan sejumlah percobaan untuk mewujudkan gagasannya dan berhasil di tahun 1924.

   Dia mengirimkan sebuah gambar salib dalam jarak tiga meter lebih. Setelah itu, dia pergi ke London untuk melanjutkan penemuannya.

   Pada 2 Oktober 1925, Baird berhasil mentransmisikan gambar wajah seorang anak laki-laki yang dikirim dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

   Tahun 1926, Baird membawa alat penemuannya dan memeragakannya di Royal Institution, London. Penemuannya disambut baik dan dia mendapatkan kontrak kerja dari Radio Inggris, BBC.

   Tahun 1929, BBC mulai menggunakan peralatan ciptaan Baird untuk melakukan siaran televisi pertama. Dan 1931 BBC berhasil melakukan siaran langsung untuk pertama kalinya.

   Di tahun 1928, Baird mendemonstrasikan televisi berwarna dan telah menyelesaikan penelitiannya tentang televisi stereoskopik pada 1946.

WWW.cnnindonesia.com 
WWW.kompas.comW
WW.detik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL KELOMPOK

PENGERTIAN GLOBALISASI

DAMPAK IPTEK BAGI PELAJAR